Tips Agar Baterai Ponsel Lebih Awet



Zaman sekarang ponsel sudah menjadi sahabat sehari hari untuk anak muda (dan orang tua yang selalu merasa muda). Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur pasti si ponsel ini menjadi teman sepanjang waktu.

Dan layak nya manusia yang membutuhkan energi, ponsel pun membutuhkan baterai untuk bisa menjalankan aplikasi nya.

Seperti yang kita ketahui bahwa ponsel adalah sahabat sehari-hari, maka sudah pasti baterai pun harus terpenuhi. Nah, masalah nya adalah bagaimana kita menggunakan baterai yang minimal secara maksimal.

Untuk itu, kami akan memberi sedikit solusi yang mungkin bisa membantu anda dalam hal mengawetkan baterai. Bukan dengan air keras supaya awet tapi maksudnya supaya tidak terlalu boros.

Ini dia Tips agar baterai ponsel lebih awet:

1. Matikan Auto-Update

Hampir semua ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi fitur Auto-Update (pembaruan otomatis) yang artinya system akan selalu cek pada server untuk pembaruan dan pasti nya hal ini menggunakan jaringan internet. Ya, selain boros baterai ini juga boros pulsa.

2. Matikan GPS dan Lokation Based

Kita nggak selalu membutuhkan GPS. Buat apa melacak posisi dan navigasi kalau kita nggak lagi jalan-jalan? Jadi, lebih baik dimatikan saja. Toh kalau nge-update lokasi juga kayak bakal ada yang nyamperin aja.

Selain itu ada juga beberapa aplikasi yang memang membutuhkan GPS seperti Path, Foursquare, Google Maps dll. Nah kalau lagi nggak di pake mending GPS nya di matiin aja.

3. Matikan Koneksi Yang Tidak Dibutuhkan

Jika Wifi aktif, dia akan terus mencari jaringan hotspot yang bisa disambung. Koneksi internet pun demikian, jika aktif maka dia akan terus mengirim dan menerima sinyal. Ini juga memakan baterai. Jadi kalau lagi sibuk kerja atau lagi belajar di sekolah mending di matiin aja.

4. Silent Keyboard

Matikan getar dan suara pengetikan di keyboard. Buat apa di getar kalau baterai jadi gentar? Buat apa pake bunyi kalau baterai cepet mati? Toh kalau di silent juga kita tetep bisa ngetik dengan lancar kan? Maka, matikan getar dan bunyi.

5. Kurangi Brightness

Nggak haruslah layar ponsel kita terus terang, toh layarnya ga bohong. Lagian kalau layar terang-terang kan orang lain jadi gampang kepo? Alangkah baiknya setting cahaya sesuai pengelihatan aja.

Nah, itulah beberapa tips agar baterai ponsel lebih awet. Selamat mencoba. :)

Penulis: Raka Prasetya A

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »