Kurangi Kemacetan Bersama Komunitas @Nebengers

Macet ialah hal yang sudah biasa di kota-kota besar seperti kota Bandung, Faktor utamanya adalah Volume kendaraan yang sudah melebihi kapasitas ruas jalanan.

Bagaimana mengatasi Kemacetan di kota Bandung? Apakah harus ada hari dimana semua kendaraan tidak ber-operasi di jalanan? Hal itu tidak mungkin terjadi bila tidak ada kesadaran dari masyarakat banyak. Tapi ada suatu komunitas yang mungkin bisa menjadi alternatif mengurangi kemacetan di kota Bandung, seperti komunitas yang satu ini.

Komunitas: Nebengers


Komunitas yang terbentuk sejak 7 Desember 2011 lalu, merupakan gerakan sosial yang berfungsi untuk menyebarkan semangat berbagi kendaraan kepada seluruh masyarat.

Nebeng atau menumpang adalah aktivitas di mana kita ikut serta pada aktivitas orang lain seperti makan atau naik kendaraan tanpa harus membayar.

Komunitas Nebengers adalah sekelompok warga kota yang melakukan kegiatan nebeng kendaraan setiap harinya. Tentunya, kegiatan ini tidak dilakukan pada sembarang orang. Semua anggota komunitas ini terdata dan sudah terverifikasi dengan baik.

"Saat Ini Nebengers untuk wilayah Bandung sendiri cukup banyak, ada sekitar 300 Orang yang terdata" ujar Utus Hardiono atau biasa di panggil Om Utus koordinator wilayah Bandung, saat di hubungi oleh Pihak YeahBandung (26/01/14)

"Tapi sayang, dampak untuk mengurangi kemacetan belum terasa di kota Bandung ini karena jumlah warga TeamBandung masih sedikit dan semoga kita bisa diberikan kesempatan untuk bisa mengajarkan warga untuk berbagi kursi kosong dan mengurangi kemacetan" tambah Om Utus.

"Kalo untuk gabung Nebengers Bandung gampang banget, cukup posting rute saja via twitter @Nebengers, tapi diusahakan sebelum posting daftar dulu dengan cara mengirimkan biodata seperti nama, akun twitter, rute sehari-hari dan no tlp/pin bb/line yang nanginya akan dimasukan ke group chat nebengers bandung dan kirimkan ke Email: nebengers.bandung@gmail.com" Tutur kang Edo yang saat itu bersama Om Utus
"kenapa harus masuk group chat? Agar sesama anggota nebengers bandung semakin kenal satu sama lain dan akhirnya menjadi solid" tambahnya.

"bila ingin bergabung ke komunitas Nebengers, silahkan. komunitas ini tidak memandang usia kok, yang penting peduli akan Kemacetan kota Bandung" imbuh Kang Edo.


kang Edo menambahkan "jika sudah Daftar, silahkan Share Tebeng-Menebengnya dengan Format:
#CariTebengan/BeriTebangan | #Kota | rute | tanggal dan jam | jumlah kursi | share apa | lalu mention @nebengers"


"Mulailah berfikir untuk berkontribusi mengurangi kemacetan di bandung. Karena kitalah kemacetan itu sendiri" kata Om Utus sembari tersenyum.

Om Utus sang Koordinator Nebengers Bandung berharap, komunitas ini mendapatkan Support dari Walikota agar angka kemacetan di bandung bisa menurun.



Penulis: Moch Andri Priatna
Editor: Raka Prasetya A

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »